Pages

Translate

Tuesday 29 May 2012

Bahayanya Sikat Gigi Elektrik

Kesehatan gigi mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan gigi dengan teratur menyikat gigi. Namun, pernahkah Anda menyadari, sebetulnya mana yang lebih bagus, sikat gigi manual atau yang elektrik?


Meskipun sebagian dokter gigi merekomendasilan penggunaan sikat gigi elektrik, namun U.S Food and Drug Administration (FDA) justru menganjurkan sebaliknya. Menurut FDA, sikat gigi elektrik membahayakan kesehatan.


Shumaya Ali, dari bagian keamanan konsumen FDA, menjelaskan adanya laporan dari konsumen pengguna sikat gigi elektrik bahwa sikat gigi jenis ini berbahaya. Beberapa diantaranya mengeluhkan terlepasnya bagian-bagian sikat gigi, sehingga bisa melukai atau mematahkan gigi, bahkan terlempar hingga mengenai mata atau masuk ke tenggorokan hingga penggunanya tersedak.


"Sikat gigi elektrik ini bisa sangat berbahaya, apalagi bila anak-anak yang menggunakannya, perlu selalu diawasi," tambah Susan Runner, kepala divisi layanan gigi FDA, dilansir melalui medicmagic, Senin (20/2).


Meskipun, sikat gigi elektronik bisa menghilangkan karang gigi, namun sikat gigi jenis ini bisa menyebabkan luka pada bibir anak, luka dan bulu sikat terlepas dan yang tersangkut di amandel anak.

FDA mengingatkan masyarakat agar berhati-hati menggunakan sikat gigi untuk mengurangi risiko cedera dengan mengganti kepala sikat setiap tiga bulan atau saat terasa mulai longgar. Dan, perhatikan saat membeli atau sebelum menggunakan sikat gigi elektrik.

0 comments:

Post a Comment